Pemeriksaan Batin

Pemeriksaan Batin

IDR20,000.00

Semua penulis buku-buku Spiritualitas Kristiani, meskipun mereka dibesarkan dalam berbagai tradisi Katolik, setuju tentang pentingnya menjalankan Pemeriksaan Batin.

11.5 cm x 18 cm, 27 halaman

ISBN: 

Quantity

Last time this product was added to a cart: 06/26/2018

Ada dua jenis Pemeriksaan Batin yang kita kenal: satu pemeriksaan batin yang kita lakukan setiap malam sebelum tidur dengan durasi sekitar 3 menit. Dan yang kedua adalah pemeriksaan batin untuk mempersiapkan diri bagi Pengakuan Dosa. Pemeriksaan Batin selalu merupakan bagian dari Rekoleksi bulanan atau Retreat tahunan.

Semua penulis itu –para Santo dan Santa di antara mereka– berkeyakinan bahwa tidaklah mungkin kita memperbaiki diri kita bila kita tidak mengetahui apa yang harus kita perbaiki. Bukankah pertobatan merupakan persyaratan untuk dapat berkembang dalam kehidupan batin. Pertobatan atau penyesalan akan segala jenis dosa dan kelemahan-kelemahan pribadi kita adalah tujuan yang kita capai melalui Pemeriksaan Batin.

Dapat kita bayangkan bahwa Norma kesalehan kehidupan kristiani ini, tidaklah mudah untuk dapat kita lakukan dengan baik. Mengenal kesalahan pribadi, kekurangan kita atau dosa-dosa yang telah kita lakukan sungguh menuntut satu kerendahan hati. Bagi banyak penulis spiritualitas Kristiani, ketekunan dalam menjalankan pemeriksaan batin secara teratur adalah satu pertanda bahwa kehidupan batin kita itu tumbuh.

Pemeriksaan Batin yang kita jalankan setiap malam, bila kita lakukan dengan baik sangat membantu kita untuk mengembangkan kepekaan rohani kita terhadap segala tindakan-tindakan kita yang tidak berkenan kepada Tuhan Bapa kita di Surga. Santo Josemaria Escriva dalam menekankan pentingnya Pemeriksaan Batin yang dilakukan secara teratur ini, sering menggambarkannya sebagai tugas menjalankan pembukuan bagi para pengolah bisnis; para pebisnis yang serius selalu ingin mengetahui dengan jelas keadaan keuangan dari usaha yang dijalankannya. Kalau ada keuntungan, berapa besar keuntungan yang telah diperolehnya? Demikian pun jika ada kerugian. Mereka tidak mungkin menjalankan usaha mereka dengan baik hanya berdasarkan pada perasaan –feeling- mereka saja.

Dalam buku tipis ini, Manuel Gordillo sangat membantu kita untuk menjelaskan bagaimana seharusnya Pemeriksaan Batin itu dijalankan. Malah dianjurkannya juga waktu yang cocok untuk mengadakan latihan kesalehan kehidupn Kristiani ini. Bila kita baca dengan seksama buku ini, kita menjadi sadar bahwa Pemeriksaan Batin ini tidaklah sesederhana seperti kita bayangkan semula. Meskipun demikian, kita selalu sadar betapa pentingnya latihan rohani ini bagi mereka yang ingin sungguh-sungguh mengikuti Kristus di tengah-tengah dunia yang ramai ini.

 

New product

Customers who bought this product also bought: